Cara Membuat Teks Dalam Kolom Textarea Ketika Disorot Mouse Akan Terblok Otomatis

TEXT AREA By NAP

Textarea adalah kolom berbentuk elastis dan dapat beradaptasi dengan kondisi yang diinginkan pengguna media online. Penggunaan Textarea ini dapat menghemat ruang halaman posting blog. Textarea hampir menyerupai scrollbox akan tetapi ukuran kolom teks area dapat dirubah-rubah oleh pengguna lain yang mengasksesnya sementara scroll box tidak. Walaupun teksarea dapat dikendalikan oleh pengguna lain tapi tidak merubah bentuk yang sudah ditentukan pembuatnya.

Teksarea (textarea) yang ditulis dengan kode berikut ini jika kolom teks area diklick kiri maka dengan sendiri seluruh teks/kode yang ada di dalamnya akan terblok otomatis. Teks dalam kolom teks area juga dapat dicopy dan paste pada tempat lain seperti melakukan Copas dalam software aplikasi micorosoft offiec word atau excel.

Cara membuat textarea ketika disorot mouse seluruh text atau kalimat yang ada dalam kolom textarea akan ter-block otomatis. Cara ini yang dijelaskan blogger sedang berada pada halaman edit posting (tempat menulis artikel  blog) dengan langkah sebagai berikut:
1. Klick HTML pada halaman edit posting blog
2. Tempatkan kode di bawah ini lalu tulis teks sesuai kebutuhan anda
3. Klick Compose untuk melihat hasil sementara.

<textarea onclick="this.focus ();this.select()" style="height: 50px; width: 573px;">Textarea adalah kolom berbentuk elastis dan dapat beradaptasi dengan kondisi yang diinginkan pengguna media online. Penggunaan Textarea ini dapat menghemat ruang halaman posting blog. Textarea hampir menyerupai scrollbox</textarea>
Hasil dari Code Diatas



Angka height dan width yang terdapat pada kode di atas tidak mutlak. Cara mengatur dan menentukan ukuran kolom textarea dapat dilakukan sebagai berikut.
  1. Setelah membuat/menulis textarea pada halaman Edit posting klick Compose.
  2. Tempatkan pointer kursor mouse di bagian bawah kanan kolom textarea lalu klick kiri
  3. Klick kiri pada mouse baru lepas setelah menentukan ukuran kolom textarea

Selamat mencoba


INFO TEKNO


Posted by Nusantara Voice on 6:49 PM. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Cara Membuat Teks Dalam Kolom Textarea Ketika Disorot Mouse Akan Terblok Otomatis

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery